peluang bisnis

sehat berduit photo banner-nskecil-468x60_zps55650371.gif

Sabtu, 23 Februari 2013

TIPS MEMASAK MAKANAN SEHAT





Makanan yang sehat ditentukan dari bahan dan cara memasaknya beberapa hal yang sepele yang kadang tidak kita perhatikan ternyata dapat mengurangi nutrisi dari makanan yang kita sajikan. berikut ini adalah beberapa hal-hal yang harus kita perhatikan saat inging menyiapkan makanan sehat untuk keluarga kita :


1. Bahan Segar
Untuk mendapatkan makanan sehat gunakanlah bahan dari sayur dan buah yang segar. Hindari atau gunakan sesedikit mungkin bahan olahan atau bahan yang sudah disimpan terlalu lama. Bahan olahan atau bahan yang disimpan lama kemungkinan nutrisinya sudah berkurang.

2. Gunakan Sedikit Minyak
Apabila keluarga suka makanan yang ditumis, maka gunakan minyak sesedikit mungkin. Jangan terlalu sering menyajikan makanan yang digoreng. Karena konsumsi lemak berlebih dapat berdampak pada kesehatan, terutama resiko penyakit dan obesitas.

3. Pemakaian Alat Masak
Pemakaian alat masak ternyata berpengaruh pada nutrisi. Penggunaan panci bertekanan dan mikrowave dapan mengurangi nutrisi yang hilang.

4. Sertakan Kulit Sayur dan Buah
Saat mengkonsumsi sayur dan buah sebaiknya sertakan kulitnya, karena pada kulitnya terkandung nutrisi yang cukup tinggi. Namun pastikan bahwa sayur dan buah sudah dicuci bersih

5. Mengurangi Bahan Tambahan
Apabila memasak dengan menggunakan resep yang sudah ada, berusahalah mengganti bahan yang digunakan menggunakan bahan sejenis yang fungsinya sama, Misalnya susu diganti dengan susu rendah lemak. Atau kalau memungkinkan hilangkan bahan tambahan tanpa mengurangi rasa dan kandungannya, misalnya ganti topiing gula tabur engan irisan buah.

6. Metode Memasak
Mengukus lebih sehat daripada merebus, demikian juga memanggang lebih sehat daripada menggoreng. Atau jika memang harus digoreng gunakan wajan anti lengket untuk mengurangi jumlah minyaknya.


sumber: berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar