peluang bisnis

sehat berduit photo banner-nskecil-468x60_zps55650371.gif

Senin, 11 Februari 2013

BAHAN ALAMI PENGUSIR NYAMUK

Nyamuk adalah salah satu serangga yang sering kita hindari. Bekas gigitannya akan membuat gatal, dan bahkan ada yang menyebabkan penyakit serius. Oleh karena itu banyak dijual produk untuk pengusirnyamuk, mulai dari obat semprot serangga, lotoin untuk tangan, dan berbagai variasi produk lainnya. Namun ternyata da banyak bahan-bahan alami disekitar kita yang dapt kita gunakan untuk mengusir nyamuk. Berikut informasinya :


1. Zodia

Tanaman yang berasal dari papua ini memiliki daun pipih panjang berwarna hijau kekuningan. Tanaman ini juga bisa berfungsi sebagai tanaman hias. Cocok diletakkan didekat jendela, karena apabila daunnya bergesekan akan menimbulkan aroma yang tidak disukai nyamuk. Dapat pula diletakkan didalam ruangan, namun perlu hati-hati terutama yang ruangannya sempit.

2. Lavender
Bunga berwarna ungu ini sudah umum ditemukan dalam produk lotion anti nyamuk. Apabila ingin langsung digunakan secara alami, Cara penggunaannya adalah dengan cara menggosokkan bunganya ketangan kita.

3. Geranuim
Geranium mengandung senyawa geraniol dan stironelol, yaitu senyawa yang tidak disukai nyamuk. Bunga geraniumpun dapat digunakan sebagai tanaman hias, disamping untuk pengusir nyamuk. Sama halnya dengan zodia sebaiknya tanaman ini diletakkan dekat dengan jendela.

4. Serai Wangi


Aroma dari daun dan batang serai tidak disukai oleh nyamuk. Zat yang terkandung pada serai adalah geraniol, metilheptenon, terpen, terpen-alkohol, asam-asam organik, dan terutama sitronelal.

5. Rosemary
Tanaman berbunga ungu ini mempunyai aroma seperti minyak kayu putih. Cara memanfaatkannya untuk mengusir nyamuk adalah dengan cara menggosok-gosokan dikulit. 

6. Kulit Jeruk
Aroma kulit jeruk juga tidak disukai nyamuk. Penggunaannya ada berbagai cara, misalnya dengan ditaruh diatas pemanas obat nyamuk elektrik, kulit jeruk dijemur sampai kering kemudian dimasukkan dalam plastik yang telah dilubangi kecil-kecil, ataupu kalau misalnya tahan dengan lengket kita bisa langsung mengoleskan kulit jeruk ditangan kita.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar