peluang bisnis

sehat berduit photo banner-nskecil-468x60_zps55650371.gif

Sabtu, 26 Januari 2013

TIPS MENGURANGI BAHAYA RADIASI HANDPHONE



TIPS MENGURANGI BAHAYA RADIASI HANDPHONE



Kemajuan teknologi tidak bisa terlepas dari kehidupan kita, sepeti penggunaan handphone atau HP. Seperti banyak hal lain segala sesuatu selalu membawa dua dampak, yaitu manfaat dan mudharat ( bahaya ). Kita tentu sudah tau tentang banyak manfaat HP seperti memudahkan komunikasi dan mengakses berbagai informasi. Namun sadarkah kita bahwa penggunaan HP juga menimbulkan berbagai bahaya.

Seperti yg saya kutip dari berbagai sumber bahaya HP terhadap tubuh kita diantaranya :

1.       Kanker otak

2.       Perilaku hiperaktif pada anak

3.       Kerusakan sperma

4.       Mengurangi memori atau daya ingat

5.       Bahaya pada ibu hamil

Dengan mengetahui berbagai bahaya tersebut kita tidak perlu takut dan menghindari penggunaanya. Namun kita harus lebih berhati-hati dan bijaksana dalam penggunaannya. Berikut ini bebrapa tips yang dapat kita lakukan untuk meminimalisir bahaya radiasi Hp terhadap tubuh kita :

1.       Mengaktifkan speaker saat menelepon atau menerima panggilan. Antena pada HP dapat menirimkan radiasi ke tubuh kita. Headset pada banyak HP juga ada yang berfungsi sebagai antenna untuk itu lebih bijaksana dalanm penggunaan headset.

2.       Mengirimkan SMS. Mengirim SMS lebih baik daripada menelepon, hal ini karena HP lebih jauh dari tubuh kita daripada saat kita menelepon.

3.       Setting ke mode offline. Saat HP tidak digunakan sebaiknya diseting ke mode offline. Hal ini akan mematikan trnsmitternya namun masih memungkinkan HP digunakan untuk bermain game dan mendengarkan musik.

4.       Memakai HP diruangan luas. Ketika kita sedang berada didalam lift atau diruangan yang sempitsebaiknya kita menghindari penggunaan HP atau hanya menggunakan saat kita benar-benar membutuhkan.

5.       Lihat indicator penerimaan sinyal. Saat indicator penerimaan sinyal lemah atau saat dalam kendaraan yang melaju kencang sebaiknya kita mengurangi penggunaan HP. Karena dalam keadaan seperti ini HP akan terus meningkatkan penerimaan sinyal atau mencari sinyal ke antenna relay yang lain.

6.       Memakai telinga secara bergantian. Saat kita harus menelepon dalam waktu yang lama sebaiknya kita menggunakan telinga kanan dan kiri secara bergantian.

7.       Menelepon seperlunya. Sebaiknya kita menggunakan HP untuk menelepon seperlunya atau lebih baik gunakan telepon rumah.

8.       Mengurangi penggunaan smartphone. Smartphone menghasilkan emisi yang lebih tinggi daripada HP biasa.

9.       Jangan langsung menempelkan HP ke telinga. Saat kita menelepon sebaiknya tunggu sampai panggilan tersambung baru kita tempelkan ditelinga. Karena sebelum tersambung HP sedang mengirimkan sinyal yg kuat karena mencoba terkoneksi.

10.   Jangan mengantongi HP disaku celana. Ini terutama untuk para pria. Sebuah penelitian membuktikan bahwa pria yang mengantongi HP disaku celana mempunyai jumlah sperma 25% lebih sedikit daripada yang tidak.

11.   Mematikan HP dimalam hari. Saat malam hari sebaiknya HP dimatikan, atau bila dihidupkan sebaiknya diletakkan diluar kamar tidur atau sejauh mungkin dari tempat tidur.

12.   Jauhkan HP dari anak-anak. Anak-anak lebih rentan terhadap bahaya  radiasi HP daripada orang dewasa.

13.   Gunakan tutup (casing ) antiradiasi. Saat ini sudah banyak dijual dipasaran produk untuk mengurangi bahaya radiasi HP mulai dari stiker antiradiasi sampai casing  khusus untuk smartphone.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan membuat kita lebih bijaksana dalam mengikuti perkembangan teknologi.

Sumber : Koran Bali Post

1 komentar:

  1. saya kasih solusi yang ampuh buat mencegah bahaya radiasi yang ditimbulkan oleh ponsel anda. http://www.indonesu.com

    BalasHapus