peluang bisnis

sehat berduit photo banner-nskecil-468x60_zps55650371.gif

Rabu, 13 Maret 2013

RAHASIA DIBALIK WARNA BUAH DAN SAYUR

Tuhan menciptakan buah dan sayur yang beraneka warna tentunya bukan tanpa alasan. Selain untuk membuat buah dan sayur ini menarik, ternyata setiap warna mengandung nutrisi dan manfaat yang berbeda. Dan tentu saja penting bagi kita untuk mengkonsumsinya secara berimbang. Berikut ini adalah beberapa warna buah dan sayur dan "rahasia" dibaliknya :


1. Merah
Banyak kita temui berbagai buah dan sayur berwarna merah seperti tomat, cabai, paprika, semangka. Warna merah dari buah dan sayur tersebut terbetuk dari pigmen bernama lycopene. Lycopene ini merupakan zat penangkal radikal bebas, berfungsi mengurangi resiko kanker dan penyakit kardiofaskular, membual wajah lebih merona dan meningkatkan ketahanan kulit terhadap sinar matahari. Sehingga dalam jangka panjang dapat memperlambat penuaan. 

2. Orange
Buah dan sayur berwarna orange kaya akan beta karoten. Betakaroten dalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A yang sangat penting untuk kesehatan mata, tulang, dan sistem kekebalan tubuh.

3. Kuning
Jeruk dan lemon yang berwarna kuning kaya akan bioflavonoid. Boiflavonoid ini akan bekerja sama dengan vitamin C untuk meningkatkan vitalitas kulit, kekuatan tulang dan gigi, serta mereduksi kanker dan penyakit jantung.

4. Hijau
Hijau sangat mendominasi warna sayur. Si hijau ini tinggi kandungan serat. Semakin tinggi kualitas warna hijaunya maka semakin baik kualitas yang dihasilkan.

5. Putih
Bawang putih, bengkoang, jamur merupakan contoh sayur dan buah berwarna putih. Warna putih ini dihasilkan dari zat yang bernama beta-glukans. Nutrisi ini dapat mengaktifkan sel sehingga dapat menghindari kanker usu, kanker payudara, dan kanker prostat.

6. Biru dan ungu
Warna biru dihasilkan oleh zat anthocyanin, yang baik untuk otak, hati dan sisitem imun. Jadi sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi sayur dan buah yang berwarna biru dan ungu ini seperti anggur, terung, blueberry, buah bit, ibu jalar dan lain sebagainya

Pastikan keluarga kita mendapat asupan nutrisi yang lengkap dan berimbang, sehingga segala kebutuhan yang dibutuhkan tubuh dapat terpenuhi.

Sumber : wolipop.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar